Jumat, 09 September 2016

Cara memasak daging agar cepat empuk


Bagi para ibu-ibu yang bingung untuk memasak daging sapi karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil daging yang empuk. Sebenarnya ada tips yang bisa ibu-ibu lakukan agar memasak daging cepat empuk, berikut penjelasannya.

Daging merupakan salah satu menu favorit keluarga yang tinggi akan protein, zat besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat masa pertumbuhan, dan juga untuk pemeliharaan otot-otot tubuh.
Ada beragam jenis daging yang bisa dikonsumsi, mulai dari daging kerbau, sapi, kambing, bebek, ayam kampung, dan lain sebagainya. Namun biasanya tantangan yang sering ditemui saat mengolah daging ini adalah, bagaimana cara membuat daging supaya empuk dan tidak alot?

Cara paling mudah dalam membuat daging empuk saat diolah adalah dengan membiarkannya layu dan menyimpannya di dalam freezer, mungkin kita berpikir bahwa membuatnya beku akan menyulitkan kita saat mengolah, namun ternyata daging beku yang sudah disimpan di dalam freezer lebih mudah empuk saat diolah ketimbang daging segar yang baru saja dipotong. Selain itu untuk mendapatkan daging yang empuk, ketika memasak Anda bisa memotong daging tersebut dengan ukuran kecil-kecil dan memasaknya dalam waktu lama atau bisa juga dengan cara menggunakan panci presto, tetapi tentu saja cara-cara tersebut akan berpengaruh pada cita rasa, tekstur, dan kelembutannya.

Tips memasak daging agar cepat empuk

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daging juga bisa diempukkan dengan cara membungkusnya pakai daun pepaya, selama kira-kira 30 menit, sebelum mulai dimasak. Kandungan zat papain dalam daun pepaya sejak dulu selalu berhasil mengempukkan daging.

2.  Balur dengan Parutan Nanas

Selain daun pepaya, buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit.
3.  Olesi dengan Remasan Buah Kiwi
 

Ya, kiwi memang merupakan salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.
4. Tutup dengan Kulit Pisang
 

Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering dan tidak berubah cita rasanya.
Caranya? Ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupkan pada daging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.

  
5. Menambahkan Segenggam Beras

Bila bahan-bahan untuk mengempukkan daging yang telah disebutkan di atas tidak ada, kita bisa memanfaatkan beras. Memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging, berarti daging atau buntut sudah empuk. 

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Pengikut

Popular Posts